S-1 KEPERAWATAN
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing S-1 KEPERAWATAN by Subject "Anak"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN РEMBENTUKAN KARAKTER ANAK PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 DI SDS IRA MEDAN(UNIVERSITAS MURNI TEGUH, 2025-01-17) GULO, LESTARI; SIMATUPANG, LENNY LUSIAmelekat Karakter anak merupakan kumpulan sifat, kebiasaan, dan pola perilaku yang dan pada seorang anak, yang mencerminkan nilai-nilai, moral, etika, kepribadian mereka. Karakter anak mencakup bagaimana mereka berpikir, merasakan, dan bertindak dalam berbagai situasi, serta bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain. Karakter ini terbentuk melalui proses pembelajaran dan pengalaman yang dimulai sejak usia dini dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter anak pada siswa kelas 4 dan 5 SDS IRA Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas 4 dan 5 yang berjumlah 67 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner pola asuh orang tua dan karakter anak yang diadopsi dari peneliti sebelumnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan P-Value sebesar 0.000 atau < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter anak pada siswa kelas 4 dan 5 di S DS IRA Medan. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk melibatkan sampel siswa yang lebih besar dan beragam, menggunakan metode penelitian eksperimen, dan juga menambah variabel faktor lain yang dapat mempengaruhi karakter anak, seperti lingkungan sosial, kondisi ekonomi keluarga, pengaruh media, serta interaksi dengan teman sebaya sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif dan mendalam.