PENGARUH EDUKASI TERHADAP PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA REMAJA PUTRI DI SMA YAPIM MEDAN
No Thumbnail Available
Date
2025-01-17
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
UNIVERSITAS MURNI TEGUH
Abstract
Breast-Self Examination (BSE) atau Periksa Payudara Sendiri
(SADARI) merupakan metode pemeriksaan yang dilakukan sendiri dengan
sejumlah teknik perabaan dan merasakan adanya perubahan tertetu pada payudara.
SADARI di kalangan masyarakat, khususnya perempuan Indonesia masih terbilang
rendah. Sebagai perilaku pendukung deteksi dini kanker payudara, SADARI belum
dapat mencakup sebagian masyarakat, terutama yang memiliki risiko tinggi terkena
kanker payudara. Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh edukasi dengan perilaku
tentang pemeriksaan payudara sendiri (sadari) pada remaja putri di SMA YAPIM
Medan sebelum diberi edukasi. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan
one group pre-post test desaign. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling
yang berjumlah 30 remaja putri SMA YAPIM Medan. Peneliti menggunakan uji
Wilcoxom yang digunakan untuk menganalisa data dipenelitian ini. Hasil: Hasil
penelitian ini menunjukan adanya pengaruh signifikansi dengan edukasi terhadap
perilaku pemeriksaan SADARI dengan nilai (p value < 0,05). Kesimpulan:
Pelaksanaan edukasi kesehatan dapat mempengaruhi perilaku terhadap
pemeriksaan SADARI dilihat dari hasil pre-post test distribusi masing-masing
variabel diharapkan dengan dilakukan edukasi kesehatan dapat meningkatkan
perilaku yang baik.
Description
Keywords
Edukasi, Perilaku, dan Sadari