KEPUASAN PASIEN DALAM PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP MURNI TEGUH MEMORIAL HOSPITALS MEDAN
No Thumbnail Available
Date
2025-01-17
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
UNIVERSITAS MURNI TEGUH
Abstract
Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap
pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan
kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima. Sehingga kepuasan pasien dirumah
sakit tergantung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit
tersebut. Tujuan: untuk mengetahui kepuasan pasien dalam pemberian asuhan
keperawatan di ruang rawat inap murni teguh memorial hospitals tahun 2022.
Metode: penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif. Populasi penelitian
ini adalah pasien di ruang rawat inap Murni Teguh Medan di bulan juli, Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Quota sampling yaitu dilakukan
dengan menentukan jumlah sampel penelitian terlebih dahulu, yaitu sebanyak 60
orang. Metode pengumpulan data dengan Instrumen tentang kepuasan pasien
menggunakan kuisioner yang sudah baku yaitu kuisioner model kesenjangan
kuisioner. Hasil: Hasil penelitian didapatkan sebagian besar pasien mengatakan
puas terhadap pemberian asuhan keperawatan sebanyak 52 (86,7%) dan tidak
puas sebanyak 8 (13,3%) Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa semakin baik pemberian asuhan keperawatan kepada pasien
maka tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan akan semakin baik
juga. Disarankan bagi Intansi Murni Teguh Medan dibidang keperawatan untuk
meningkatkan Daya tanggap (responsiveness) dan perilaku sopan terhadap pasien.
Description
Keywords
kepuasan pasien, asuhan keperawatan