ANALISIS PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT MURNI TEGUH MEMORIAL HOSPITAL
No Thumbnail Available
Date
2025-01-17
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
UNIVERSITAS MURNI TEGUH
Abstract
Keselamatan pasien dijadikan prioritas yang utama dalam
pelayanan kesehatan dan pelayanan keperawatan sekaligus sebagai aspek paling
penting dari manajemen yang berkualitas. Di Indonesia, pelaporan data tentang
insiden patient safety belum banyak dilakukan oleh rumah sakit. Medical Error
menjadi ancaman setiap pasien yang hendak melakukan perawatan oleh karena itu
pentingnya budaya keselamatan pasien di tetapkan di setiap rumah sakit. Tujuan:
untuk menganilisis penerapan budaya keselamatan pasien pada pelayanan
kesehatan di IGD RS Murni Teguh. Metode: Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan suatu desain crosssectional, menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif dan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil: penelitian ini
menunjukkan bahwa pada tenaga kesehatan di IGD RS Murni Teguh tahun 2022
terdapat 33 (97,1%) responden dengan kategori budaya baik dan 1 (2,9%)
responden dengan kategori budaya sedang dan budaya keselamatan pasien tidak
terdapat kategori budaya lemah dari total keseluruhan responden. Kesimpulan:
Budaya keselamatan pasien di IGD RS Murni Teguh tahun 2022 berdasarkan tiap
variable bahwa tenaga kesehatan yang paling banyak adalah budaya baik berada
pada dimensi dukungan manajemen RS dengan presentasi 100 % dari 34
responden dan kategori budaya sedang berada pada dimensi kerjasama tim antar
unit dengan presentasi 76,5 % dari 26 responden sedangkan budaya keselamatan
di IGD RS murni Teguh dari setiap dimensi tidak terdapat budaya kategori
lemah. Diharapkan seluruh tenaga kesehatan di RS Murni Teguh Medan selalu
Mempertahankan, meneruskan, dan mengembangkan program-program
keselamatan pasien yang telah berjalan serta memelihara budaya keselamatan
pasien.
Description
Keywords
Budaya, keselamatan, dan pasien