ANALISIS PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT MURNI TEGUH MEMORIAL HOSPITAL

No Thumbnail Available

Date

2025-01-17

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

UNIVERSITAS MURNI TEGUH

Abstract

Keselamatan pasien dijadikan prioritas yang utama dalam pelayanan kesehatan dan pelayanan keperawatan sekaligus sebagai aspek paling penting dari manajemen yang berkualitas. Di Indonesia, pelaporan data tentang insiden patient safety belum banyak dilakukan oleh rumah sakit. Medical Error menjadi ancaman setiap pasien yang hendak melakukan perawatan oleh karena itu pentingnya budaya keselamatan pasien di tetapkan di setiap rumah sakit. Tujuan: untuk menganilisis penerapan budaya keselamatan pasien pada pelayanan kesehatan di IGD RS Murni Teguh. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan suatu desain crosssectional, menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil: penelitian ini menunjukkan bahwa pada tenaga kesehatan di IGD RS Murni Teguh tahun 2022 terdapat 33 (97,1%) responden dengan kategori budaya baik dan 1 (2,9%) responden dengan kategori budaya sedang dan budaya keselamatan pasien tidak terdapat kategori budaya lemah dari total keseluruhan responden. Kesimpulan: Budaya keselamatan pasien di IGD RS Murni Teguh tahun 2022 berdasarkan tiap variable bahwa tenaga kesehatan yang paling banyak adalah budaya baik berada pada dimensi dukungan manajemen RS dengan presentasi 100 % dari 34 responden dan kategori budaya sedang berada pada dimensi kerjasama tim antar unit dengan presentasi 76,5 % dari 26 responden sedangkan budaya keselamatan di IGD RS murni Teguh dari setiap dimensi tidak terdapat budaya kategori lemah. Diharapkan seluruh tenaga kesehatan di RS Murni Teguh Medan selalu Mempertahankan, meneruskan, dan mengembangkan program-program keselamatan pasien yang telah berjalan serta memelihara budaya keselamatan pasien.

Description

Keywords

Budaya, keselamatan, dan pasien

Citation

Collections